Monday, January 19, 2015

peribahasa " Tebu Tuwuh Socane " - cita citata -


Artinya, tebu (tebu atau sacharum officinareum), tuwuh (tumbuh), socane (mata ruasnya).Terjemahan bebasnya, batang tebu yang tumbuh cabang dari mata ruasnya.

Image result for Satria jawa
Hal itu merupakan kelainan karena tebu termasuk tumbuhan monokotil (berbiji tunggal), bukan dikotil (berbiji belah) di mana batangnya nanti akan bercabang seperti mangga, sawo, duren, dan jati.

 Peribahasa tersebut manggambarkan suatu perkara yang sudah mendapatkan kesepakatan damai, namun tiba-tiba dikacaukan oleh seorang yang sengaja mengadu domba. Dapat pula sebagai gambaran suatu tugas yang hampir diselesaikan dengan baik, tetapi mendadak kacau karena ulah seorang yang sengaja merusaknya. Kejadian ini patut diwaspadai oleh semua pihak, karena mungkin saja ada yang tidak suka terhadap perdamaian atau prestasi kerja yang dicapai seseorang.




Menghilangkan sumber kekacauan tersebut dapat dilakukan dengan mengambil contoh realitas di lapangan.Cabang tebu mudah dimatikan dengan memotongnya, menggunakan pisau tangan. Seperti juga wiwilan( tunas ) yang tumbuh di batang pokok.Apabila dibiarkan, pertumbuhan tunas akan cepat dan banyak menyerap sari makanan dari batang induk. Artinya, baik cabang tebu maupun tunas batang sebaiknya dibuang karena akan mengganggu pertumbuhan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment