Thursday, January 15, 2015

Peribahasa "Sing Goroh Growah"


Artinya, sing goroh (siapa bohong), growah (merugi). Sebab, bohong pada hakikatnya menyembunyikan kebenaran yang sesungguhnya.

Image result for jowo ksatria
Dengan kata lain, orang yang berdusta memang sengaja tidak mengatakan apa yang sesungguhnya terjadi.Karena pertimbangan tertentu, kejadian yang sesungguhnya itu sangat dirahasiakan, atau disembunyikan rapat-rapat.Namun, realitasnya, sepandai apa pun merahasiakan kebenaran, maka sekali waktu akan ketahuan juga.

Ungkapan tersebut merupakan nasihat popular di jawa, supaya anak-anak tak memiliki tabiat suka berbohong.Berdusta memang gampang. Namun, perilaku tersebut sama halnya dengan mencuri atau berutang.Bohong adalah mencuri kebenaran, berutang kebenaran, yang sesungguhnya menjadi milik orang lain.Padahal, menurut hukum alam, kebohongan pasti akan terbongkar.Karena, pada hakikatnya, tidak ada kesalahan yang dapat disembunyikan manusia dengan sempurna di dunia.

Setiap orang harus menyadari bahwa kerugian akibat berbohong akan berlipat ganda daripada keuntungannya.Contohnya, orang yang suka berbohong, selama hidup kata-katanya tidak akan dipercaya.Meskipun mungkin berkata benar, ia cenderung aka tetap dianggap berdusta.Orang lain pun tidak akan memperdulikan sama sekali.


No comments:

Post a Comment