Google

Sunday, March 8, 2015

Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan

Blilu Tau Pinter Durung Nglakoni

Artinya, blilu tau (bodoh pernah), pinter durung nglakoni (pandai belum pernah mengalami). Terjemahannya; pernah menjadi bodoh, tetapi belum pernah menjadi pandai. Ungkapan tersebut merupakan gambaran dari orang tidak pandai dalam hal teori, tetapi cukup ahli dalam keteraampilan mengerjakan sesuatu karena sudah berpengalaman.

contohnya ; misal ada seorang petani,jika diperhatikan ,jarang petani di pedesaaan yang pendidikannya tinggi.Namun, semuanya mampu bertani, bercocok tanam, dan beternak. Semua mereka lakukan dengan cukup handal.Darimana ilmu bertani itu mereka peroleh ?   Jawabnya sederhana, yaitu dari pengalaman. Dari praktik keseharian sambil memperhatikan dan meniru bagaimana orang tua, saudara, atau tetangga melakukan pekerjaan tersebut.

Jadi pesan utama dari peribahasa tersebut adalah jangan takut mencoba mengerjakan sesuatu, meskipun belum memiliki teori yang banyak.Artinya, mencakul sawah, memahat kayu, atau beternak bukanlah pekerjaan yang sulit. Apabila ingin mencoba, jangan pernah ragu.Kerjakan saja seperti orang lain lakukan. Asalkan berhati-hati, tekun, telaten, maka lama-lama akan terampil juga.Memang, dalam hal ilmu petani kalah daripada sarjana pertanian.Namun, untuk menghasilkan padi,sayuran, palawija keterampilan para petani dapat diandalkan.