Saturday, March 7, 2015

Ngelmu iku Kalakone Kanthi Laku

Selamat datang di sudihardi.com...!!!
Pada Kesempatan ini, saya akan mencoba berbagi info mengenai arti dari peribahasa jawa "Ngelmu iku Kalakone Kanthi Laku"




Artinya, ngelmu iku (mencari ilmu itu), kalakone (tercapainya), kanthi laku (lewat proses atau perjalanan lahir-batin).
Menurut pandangan orang jawa, ngelmu berbeda dengan ilmu.Ngelmu adalah ajaran batin untuk bekal hidup di dunia dan akhirat. Ajaran tersebut akhirnya menjadi penuntun bagi seseorang dalam berperilaku. Oleh karena itu, untuk memperolehnya pun memerlukan kekuatan batin serta penghayatan pribadi, bukan dengan aktivitas logika melulu.Sedangkan ilmu, adalah pengetahuan yang di kemas secara sistematis, di susun berdasarkan metodologi tertentu yang berlandaskan nalar atau logika.

Menurut kepercayaan orang jawa, untuk mendapatkan ngelmu, seseorang harus menggunakan rasa, batin, atau laku pribadi.Upaya tersebut jelas berbeda dengan mencari ilmu yang harus duduk di bangku sekolah hingga perguruan tinggi.Ngelmu juga hanya bisa dikuasai setelah dilakoni (dilaksanakan).Jadi, bukan sekedar dipelajari seperti matematika, melainkan harus di praktikan sebagaimana shalat dan puasa.Biasanya, ngelmu didahului dengan puasa atau tapa brata, yang prinsipnya membersihkan jiwa dan raga dari segala nafsu duniawi. Misalnya, jangan suka berbohong, jangan menipu, jangan mengingkari janji,jangan sombong, jangan menghina orang lain. Dalam menjalani lelaku tersebut diperlukan eneng (fisiknya diam), ening (batin-rasa-pikiran yang bening), eling(sadar),dan awas (waspada).