Google

Tuesday, March 31, 2015

Rawe-rawe Rantas, Malang-malang Putung adalah peribahasa untuk nasehat dalam perjuangan hidup

Selamat datang di sudihardi.com...!!!

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan arti dari peribahasa jawa "rawe-rawe Rantas, Malang-malang Putung".



Hasil gambar untuk orang jawa sabar




Artinya, rawe-rawe (tanaman merambat yang buahnya berwarna cokelat penuh miang yang menuat gatal), rantas (putus), malang-malang (melintang), putung (patah).Terjemahan bebasnya, jika ada tanaman rawe akan diputus, sedangkan yang melintang akan dipatahkan.Semboyan atau tekad untuk menghapus kezhaliman yang mencekeram masyarakat, apa pun yang dihadapi akan dilawan habis-habisan apabila sudah di luar perikemanusiaan.


Peribahasa ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa orang jawa memiliki  kehormatan dan harga diri. Seandainya kehormatan dan harga diri tersebut diinjak-injak, mereka siap membelanya sampai mati.Beberapa aspek yang sangat dimuliakan dan dijaga tersebut, antara lain kepercayaan masyarakat, kemanusiaan, keselamatan orang banyak, kemerdekaan bangsa dan negara. Meskipun ungkapan ini terkesan keras, tetapi bukan merupakan tantangan.Bagaimanapun, orang jawa sangat mendambakan kehidupan cinta damai, maka tidak mungkin menyalakan api pertikaian.Ketika membela diri, mereka siap sampai mati.Namun, kalau memulai sengketa dan peperangan, haram dilaksanakan bagi orang-orang jawa.