Google

Friday, March 6, 2015

Wani Ngalah Luhur Wekasane

Ii mempunyai arti, wani ngalah (berani mengalah),luhur wekasane (mulia akhirnya). Sebuah anjuran agar orang berani mengalah. Namun memberikan tempat dan kesempatan kepada orang lain, sehingga tidak timbul konflik. Sementara dengan mengalah, dirinya mungkin akan menemukan hal-hal baru yang lebih bermanfaat.

Contohnya; meskipun lalu lintas padat, ketika lewat mobil ambulan  yang jelas-jelas membawa orang sakit, jenazah, atau korban laka lantas, tentu mobil-mobil lain akan segera menepi. Artinya, memberikan kepada supir AMBULANS itu untuk menyalip.Dalam kasus ini,mengalah sedikit tidak menjadi persoalan  demi kemanusiaan.Sebab, mobil tersebut harus secepat mungkin tiba di rumah sakit agar si penderita segera memperoleh pertolongan dokter.

Contoh lain, seseorang yang di ajak cekcok oleh tetangganya, tetapi dia tidak melayani karena masalahnya sepele. Hanya karena  anak menangis, bertengkar, atau berebut mainan.Tidak melayani percekcokan juga dapat dikatakan mengalah.Coba kalau dilayani ?   Mungkin saja dari percekcokan itu akan muncul pertikaian berkepanjangan.Sementara kalau mengalah, hubungan mereka tetap terjaga.Sebab, sangat memalukan jika hanya karena anak-anak bertengkar, hubungan silaturahmi harus terputus.