Google

Thursday, April 2, 2015

Aja Dadi Naga Mangsa Tanpa Cala (( sikap & perbuatan tidak terpuji ))

Hasil gambar untuk orang baik




Artinya, aja dadi naga (jangan jadi naga), magsaa tanpa cala (memangsa tanpa lampu).Terjemahan bebasnya, jangan menjadi naga yang memakan mangsanya tanpa pemebritahuan (penjelasan) secukupnya.Peribahasa ini memuat nasihat supaya jangan menjadi orang yang suka mencelakakan orang lain dengan tuduhan atau alasan tidak jelas.

Misalnya, ada seorang karyawan baru di sebuah perusahaan.Sejak awal, karyawan yang bersangkutan bekrja dengan baik, rajin, dan tertib. Namun, kenyataannya, ia sering kena marah dari atasannya.Alasannya macam-macam dan sering berubah, bahkan banyak yang tidak masuk akal.Meskipun demikian, karyawan baru itu tidak melawan.Ia menduga perlakuan atasannya itu merupakan ujian masa percobaan yang harus diterima.

Padahal, kejadian sesungguhnya tidak demikian.Sang atasan bukan menguji, tetapi benar-benar tidak suka kepadanya karena wajahnya mirip dengan orang dia benci sejak dulu waktu pertama kali kerja.Sikap seperti itu jelas sekali keliru, ini akan merugikan karyawannya, dan jangan sekali-kali ditiru.Semua tindakan harus memiliki alasan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.