Saturday, April 25, 2015

Kepercayan (Ora Ana Kasekten Kang Madhani Pepesthen, Awit Pepesthen Ora Ana Kang Bisa Murungake)

Artinya, ora ana kaseketen madhani pepesthen (tidak ada kesaktian yang menyamai kepastian Allah),awit pepesthen ora ana kang bisa murungake (karena tidak ada yang dapat menggagalkan kehendak Allah).Gambaran kuatnya,Segala sesuatu di dunia ini hanya akan terjadi karena kehendak Allah.

Kekuatan nial peribahasa ini sering menjadi penguat bati bagi seseorang yang sedang menghadapi permasalahan gawat yang dapat mengancam jiwanya.Misalnya, ada seorang buruh bangunan yang difitnah dan dilaporkan kepada majikannya bahwa dia telah mencuri peralatan proyek yang cukup mahal.Meskipun diancam akan dipecat, ketika dipanggil majikannya, dia menghadapinya dengan santun dan percaya diri.Sebab, dirinya memang tidak mencuri.

Selain itu, dia juga tahu bahwa yang mencuri peralatan proyek adalah karyawan lain atas perintah anak majikan untuk menebus motor yang digadaikan karena kalah judi.

Jadi, meskipun harus membela diri dari belenggu fitnah di depan majikan yang berhak memecatnya, si buruh bangunan tidak merasa was-was.Karena, dia memang benar, dan tidak mungkin Allah membiarkan dirinya dipecat akibat fitnah belaka.