Sunday, April 19, 2015

Ora Mundur Saka Pitutur, Ora Mendha Saka Pamrayoga (( sikap dan perilaku tidak baik ))




Artinya, ora mudur saka pitutur (tidak mundur dari nasihat), ora mendha saka pamrayoga (tidak berubah dari anjuran). Peribahasa ini merupakan gambaran dari orang yang sudah nggugu karepe dhewe (mengikuti kehendak sendiri) dan tidak mempan lagi dinasihati ataupun diberi petunjuk oleh orang lain.

Sikap seperti ini dinilai sangat buruk, dan akan membahayakan pribadi yang bersangkutan. Sebab, nasihat dan anjuran orang sudah tidak digubris lagi. Artinya, ia tidak peduli lagi terhadap orang lain, Karena dirinyalah yang dianggap paling benar. Contohnya; kejadia seperti ini cukup banyak, dan biasanya berakibat buruk terhadap yang bersangkutan.

Seorang penjaga malam nekat jadi pengedar narkoba ,karena selama ini penghasilannya tidak memadai untuk hidup sekeluarga. Dengan menjadi pengedar, dia dapat membangun rumah dan menyekolahkan anaknya dengan baik. Maka, walaupun teman dan saudaranya mengingatkan agar segera berhenti, nasihat mereka dianggap angin lalu. Untunglah, nasib baik cukup lama menyertainya. Namun, memasuki tahun kelima, semuanya berubah ketika jaringan peredaran narkoba itu terbongkar oleh polisi. Dia dipenjara kurungan 6 tahun ,sebagai sanksi atas pelanggaran hukum yang telah dilakukan selama ini.