Monday, April 20, 2015

Selak Muluk Barang Kang Melok (( sikap dan perilaku tidak baik ))





Artinya, selak muluk (buru-bur ingin menikmati), barang kang melok (barang yang indah atau mahal). Terjemahan bebasnya, ingin segera menikmati barang yang indah atau mahal. Makna yang ingin disampaikan, orang yang ingin segera memiliki barang yang berharga, sehingga berani melanggar hukum.

Sikap seperti itu merupakan petanda yang bersangkutan tidak dapat mengendalikan haa nafsunya. Apalagi, cara untuk memenuhinya deengan berani melanggar hukum. Misalnya, seorang seorang bendahara suatu perusahaan. Mersa dirinya setiap hari mengurus uang banyak, lama-lama timbul keinginan ikut memanfaatkan kesempatan itu. Maka, tanpa berpikir panjang, ia mengambil sedikit demi sedikit dengan alasan meminjam. Nantinya setelah gajian akan dikembalikan lagi.

Hanya saja, karena perbuatannya tidak ketahuan atasannya, lama-lama jadi lupa dan menjadi keenakan. Uang yang dipakai makin membengkak, dan ternyata setiap gajian, ia tidak pernah mengangsurnya. Maka, apa yang akhirnya terjadi dapat dibayangkan. Ketika pada suatu saat ada pemeriksaan, barulah ketahuan bahwa si bendahara ternyata korupssi. Akibatnya, kepercayaan kepada dirinya habis seketika. Selain dipecat, gara-gara perbuatannya itu, dia juga harus berurusan dengan pihak berwajib.