Google

Thursday, April 23, 2015

Setan Nggawa Ting (( sikap dan perbuatan tidak terpuji ))




Artinya, setan membawa lentera atau pelita.Peribahasa ini mengkiaskan seseorang yang sua mengadu domba orang lain demi kepentingan diri sendiri.

Di mana pun, perbuatan seperti itu dinilai buruk, dan siapa pun yang mempunyai sifat suka mengadu domba akan dijauhi (dikucilkan) oleh masyarakat di lingkungannya. Padahal, kalau dicermati, hampir di setiap lingkungan sering terdapat sosok yang bertabiat suka mengadu domba. Artinya, menjual informasi ke mana-mana untuk mendapatkan keuntungan ala kadarnya.

Contohnya, dalam kampanye pemilu, banyak orang sengaja jual muka kepada caleg berbagai partai. Sekalian menginformasikan bahwa si A begini, si B demikian, dan si C begitu. Ibarat wayang, masing-masing caleg (calon legislatif) dipaksa bertempur (bermusuhan), dan untuk memenangkan pertempuran itu dirinya menyodorkan proposal strategi, lengkap dengan pembiayaannya. Orang yang punya tabiat setan nggawa ting umumnya pandai merayu, dan meyakinkan orang bahwa informasi yang disampaikan itu benar. Karena itulah, sebaiknya jangan mudah percaya terhadap bujukan yang terkesan ekstrem dari orang lain. Siapa tahu, di balik informasi itu tersembunyi maksud-maksud tertentu yang dapat merugikan banyak pihak.