Tuesday, April 21, 2015

Setan Nunggang Gajah (( sikap dan perbuatan tidak terpuji ))





Artinya, setan naik gajah. Terjemahan bebasnya, orang yang mau enaknya sendiri, tanpa memikirkan keadaan orang lain yang pernah menolongnya selama ini. Sikap perbuatan seperti itu terhitung buruk, dan sebaiknya jangan dilakukan karena akan menimbulkan sakit hati dan mungkin saja menuai pembalasan yang setimpal dari orang lain.

Contoh kejadian ini, di Jawa maupun du tempat lainnya, cukup banyak. Misalnya, calon legislatif, calon Bupati, Calon kepala desa, banyak dikabarkan setelah menduduki jabatan yang diincar, sering melupakan jasa ribuan orangyang mati-matian berjuang mendukungnya.

Mereka yang mendukung dikecewakan itu bersikap bermacam-macam. Ada yang diam, ada yang diam-diam terus berjuang untuk memperoleh keuntungan bagi diri sendiri. Ada yang benar-benar sakit hati dan mencari celah peluang untuk  melampiaskan kekecewaan tersebut. Jika sudah demikian, calon petinggi itu di ibaratkan setan nuggang gajah .Benar-benar dikelilingi marabahaya. Sedikit saja berbuat salah, ngomong salah, orang-orang disekitarnya bukan membela, tapi malahan menghujatnya. Mengapa demikian ?     Karena, di mata pengikutnya, orang yang bersangkutan sudah menjadi setan ,bukan lagi pejabat atau pemimpin yang patut dicontoh dan dihormati masyarakat.