Google

Thursday, May 7, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Ambuwang Rase Oleh Kuwuk





Artinya, ambuwang rase (membuang musang yang berbau wangi), oleh kuwuk (memperoleh kucing liar atau kucing hutan). Gambaran orang yang membuang atau menyingkirkan sesuatu yangburuk, namun justru mendapatkan yang lebih buruk lagi.

Misalnya, seorang pemilik rumah kost yang terpaksa mengusir mahasiswa yang sering kali menunggak bayar uang kost sampai berbulan-bulan. Begitu si mahasiswa pindah, datang mahasiswa baru yang siap mengontrak kamar kost yang kosong itu selama satu tahun. Sang pemilik langsung menerimanya dengan senang hati.

Anehnya, mahasiswa baru itu jarang tidur di kost, dan menurut pengakuannya banyak belajar di rumah teman kuliah yang dekat dengan kampus. Tahu-tahu, pada suatu malam, kamar kostnya digerebek polisi. Di dalamnya ditemukan paket-paket narkoba yang siap dijual ke pasaran. Akibat kejadian tersebut, pemilik kost ikut jadi saksi dan mendapatkan peringatan keras karena usaha kost itu belum memiliki izin dari pemerintah. Jadi, secara tidak langsung, peribahasa ini mengingatkan agar hati-hati dalam setiap perbuatan. Jangan sampai gegabah. Maunya membuang masalah, tetapi justru membawa masalah baru yang tidak kalah rumitnya dengan permasalahan lama.