Friday, May 8, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Bandha Bisa Lunga, Pangkat Bisa Oncat, Bojo Ayu Bisa Mlayu




Artinya, bandha bisa lunga (harta dapat pergi), pangkat bisa oncat (pangkat dan jabatan dapat hilang), bojo ayu bisa mlayu (istri cantik dapat melarikan diri). Peribahasa ini menggambarkan apa saja yang dimiliki manusia dapat hilang. Karena itu, pemiliknya harus pandai-pandai menjaga dan memeliharanya.

Di sini, apa yang disebut harta, pangkat, dan istri cantik sering menjadi impian atau dambaan banyak laki-laki. Dengan kata lain, apabila memungkinkan, setiap pria akan mengejar ketiganya. Namun, misalnya cita-cita tersebut tercapai, umumnya mereka lupa bahwa itu semua hanya titipan Allah SWT.

Disamping itu, lupa mensyukuri dan menggunkannya untuk menuruti hawa nafsu belaka. Akibatnya, harta habis, pangkat atau jabatan lenyap, dan istri cantik pun pergi karena tidak tahan lagi dijadikan budak dan bulan-bulanan setiap hari.

Jadi, Peribahasa ini mengingatkan bahwa kepemilikan materi duniawi tidak ada yang abadi. Yang dulu tidak ada, dapat kembali asal mulanya. Karena itu, setiap kepemilikan duniawi haruslah dijaga, disyukuri, dipelihara, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.