Tuesday, May 12, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Gupak Pulut Ora Mangan Nangkane





Artinya gupak pulut (terkena getah), ora mangan nangkane (tidak makan nangkanya). Terjemahan bebasnya, kena getah, tetapi tidak makan (tidak kebagian) buah nangkanya. Gambaran orang yang bernasib sial, di mana hasil kerjanya diambil (diserobot) orang lain, sehingga dirinya tidak memperoleh apa pun.


Dalam peristiwa nyata, apa yang di maksud dalam peribahasa ini, misalnya demikian. Sampai tidak tidur dan meninggalkan pekerjaan ketika membuat menata ruang untuk hajatan pernikahan, ternyata yang mendapat pujian adalah sang pemilik rumah. Sementara sang pemilik rumah hanya mengucapkan terimakasoh kepada penata rumah, tanpa memberikan uang imbalan.


Meskipun yang dikerjakan nyaris tidak memberikan keuntungan materi bagi dirinya, siapa pun yang mengalami kejadian seperti ini janganlah terlampau bersedih. Semua yang kita kerjakan itu akan tidak akan sia-sia. Pasti ada hikmahnya. Antara lain, sebagai pelajaran untuk meningkatkan kewaspadaan, sehingga kelak tidak mengalami kejadian seperti itu lagi. Pengalaman adalah buku sekaligus guru yang terbaik bagi umat manusia.