Thursday, May 14, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Jati Ketlusupan Ruyung






Artinya, jati kemasukan serat tanduk pohon kelapa atau enau (aren). Kayu jati terkenal bagus dan banyak digunakan oleh manusia, sehingga harganya pun mahal. Sedangkan ruyung adalah serat pohon kelapa atau enau. Warnanya coklat kehitaman, tajam karena mengandung zat tanduk.

Kayu jati simbol dari orang yang berperilaku baik, sedangkan ruyung simbol dari orang yang berperilaku jahat. Jadi, peribahasa ini menggambarkan bagaimana  seseorang yang berekelakuan baik megalami masalah karena diganggu oleh tindakan jahat orang yang tidak di sangka-sangka sama sekali. Meskipun kebaikannya tidak terhitung lagi, sangat dihormati orang, namun realitasnya juga sangat menderita karena kejadian tersebut dapat merusak reputasinya.

Contohnya, seorang Bupati yang mengangkat salah satu team suksesnya yang dirasa cukup berjasa dan dinilai mumpuni menjadi staff ahli pribadi. Setelah sato periode masa jabatan selesai, dia bermaksud mencalonkan lagi. Sebab, ia merasa prestasinya baik, memuaskan masyarakat yang dipimpin, dan banyak kalangan juga mendukungnya. Namun, apa yang terjadi ?    Pada pemilihan kedua, dia malahan gagal. Semua gara-gara staff ahli kepercayaannya itu diam-diam membelot dan bermuka dua, ikut memenangkan calon lain yang menjadi saingan beratnya.