Wednesday, May 20, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Keduwung Nguntal Wedhung





Artinya, keduwung (menyesal), nguntal wedhung (menelan pisau besar). Terjemahan bebasnya, menyesal setelah menelan pisau besar. Sebab, jika pisau itu dicabut, ia akan kesakitan. Namun, jika tidak dicabut, ia juga kesakitan. Peribahasa ini gambaran orang yang mengalami masalah, namun sudah sangat terlambat mengatasinya.

Kejadian yang disampaikan peribahasa ini sebaiknya dihindari. Segala sesuatu yang terlambat biasanya akan menimbulkan permasalahan bermacam-macam, seperti pepatah dalam bahasa Indonesia ;  maju kena mundur kena, atau peribahasa jawa yang lain ;  maju tatu, mudur ajur .Karena itulah, setiap tindak perbuatan perlu dipertimbangkan dengan cermat dan matang.

Contoh kasarnya, jelas wedhung (pisau besar), tapi mengapa dimakan / ditelan ?    Apakah tidak ada makanan yang lain yang lebih bermanfaat dan aman ?   Jelas uang perusahaan, mengapa dipakai untuk kepentingan pribadi ?   Meskipun berhasil, tindak perbuatan seperti ini tentu akan membawa dampak besar bagi pelakunya. Singkat kata, janganlah makan yang bukan hak sendiri. Jangan makan asal makan, karena masing-masing makanan akan membawa pengaruh yang berbeda-beda. Jika keliru, makanan tersebut dapat menjadi racun yang berbahaya dan mengancam keselamatan diri sendiri.