Saturday, May 23, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Lut-Lutan Lowe Nyamber Buntute Dhewe






Artinya, lut-lutan lowe (belitan atau gulungan lipan), nyamber  (menyambar), buntute dhewe (ekornya sendiri). Terjemahan bebasnya, seperti belitan lipan yang menyambar ekor sendiri. Ungkapan ini merupakan gambaran tentang orang yang bermaksud jahat kepada orang lain, tetapi salah perhitungan (salah taktik), sehingga menimpa diri sendiri.

Kejadia seperti ini harus dihindari. Berbuat jahat kepada orang lain bukan hanya salah, tetapi juga berdosa. Namun, sulit rasanya membendung yang bernama kejahatan selama manusia tidak dapat mengendalikan nafsu dan perilakunya. Banyak kejadian layak dijadikan cermin. Misalnya, hanya karena iri setelah melihat tetangga membeli mobl, malam-malam si A sengaja memasang paku di depan pintu halaman yang bersangkutan. Dengan harapan, besok kalau mobil itu keluar, ban-nya akan kempes ketika melindas paku tadi. Celakanya, seharian di tetangga tidaak berpergian, dan mobilnya tetap tersimpan di garasi. Tahu-tahu, anak si A pulang main sambil menangis dan menunjukkan kakinya yang terluka menginjak paku yang diam-diam dipasangnya semalam.

Kisah senjata makan tuan seperti itu benar-benar merupakan hukuman tidak terlihat bagi pelakunya. Siapa yang suka barmain api, munkin saja dia yang terbakar sendiri, bukan orang lain yang dituju atau yang dibenci yang terkena.