Google

Sunday, May 24, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Madu Balung Tanpa Isi




Artinya, madu (bertengkar atau bertikai), balung (tulang), tanpa isi (tidak berisi). Terjemahan bebasnya, bertengkar memperebutkan tulang yang tidak ada isinya. Dapat pula dimaknai sebagai orang yang bertengkar karena berebut sesuatu yang tidak bermanfaat sama sekali.

Pertengkaran, pertikaian, atau peperangan terkadang memang berangkat dari masalah besar yang layak dibela dan dipertahankan dengan darah. Namun, banyak juga peristiwa besar dan berdarah yang disebabkan oleh hal-hal sepele, yang teramat sederhana untuk dipertengkarkan.

Di jalan raya, misalnya ada dua orang pengendara motor sempat bertengkar sampai akan berkelahi gara-gara salip-menyalip yang dianggap kurang sopan bagi keduanya. Jika direnungkan, dipikirkan dengan arif, apa manfaat pertengkaran mereka ?    Toh, masing-masing tidak menderita apa pun, tidak terjadi kecelakaan. Mengapa harus merasa panas dan tersinggung ketika disalip orang lain dengan '' kurang sopan'' ?      Yang jelas, pertengkaran seperti ini sangat tidak bermanfaat, dan terkesan mengada-ada. Apa pun alasannya, setiap pertengkaran seharusnya dipertimbangkan kembali. Karena, dengan terjadi pertengkaran, masing-masing pihak tentu akan merugi. Apalagi jika masalah yang dipertengkarkan sesuatu yang tidak bermanfaat sama sekali.