Google

Monday, May 25, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Matang Tuna Numbak Luput




Artinya, matang tuna (menggunakan galah rugi), numbak luput (menombak tidak mengenai sasaran). Terjemahan bebasnya, menggunakan galah tidak sampai, menggunakan tombak pun meleset. Gambaran dari apa saja yang dicita-citakan meleset (tidak ada yang berhasil). Dapat juga diartikan, gagal menuduh orang lain karena tidak mempunyai bukti kuat.

Kegagalan sudah menjadi hal yang biasa dalam hidup manusia. Yang tidak biasa adalah ketika kegagalan tersebut terus-menerus terjadi. Berbuat ini gagal, berusaha itu gagal, tidak satu pun kesuksesan diraihnya. Begitu mengalami kegagalan yang bertubi-tubi, biasanya para sesepuh di jawa menasihati untuk segera introspeksi diri, merenungkan kembali apa yang diperbuatnya selama ini. Termasuk laku batin, memberishkan batin dari pengaruh kotoran yang mengeram didalamnya.

Di lihat dari prosesnya secara nyata, mungkin saja kegagalan terjado karena yang bersangkutan kurang membekali diri dengan sarana dan keterampilan cukup untuk meraih sukses yang diharapkan. Di sampingitu, biasanya sasaran yang ingin dicapai juga kurang jelas, dan cara mencapainya pun belum sepenuhnya dikuasai. Walaupun demikian, jika matang tuna numbak luput tujuannya untuk hal-hal yang negatif, kegagalan tersebut malah patut disyukuri.