Google

Wednesday, May 27, 2015

Ngenteni Timbule Watu Item, Kaleme Prau Gabus

Selamat datang di sudihardi.com...!!!




Ngenteni Timbule Watu Item, Kaleme Prau Gabus

Artinya, ngenteni timbule watu item (menunggu munculnya batu hitam), keleme prau gabus (tenggelamnya kapal dari gabus). Terjemahan bebanya, menunggu munculnya (mengapungnya) batu hitam dan tenggelamnya perahu yang terbuat dari gabus. Menggambarkan orang yang hanya mengharapkan (menunggu) keberuntungan, tanpa mau berusaha sendiri untuk meraihnya.

Dalam kepercayaan di Jawa, ada unen-unen "gusti Allah ora sare". Artinya, Allah tidak pernah tidur dan senantiasa mengurus umat-Nya sebaik mungkin. Termasuk dalam memberikan rezeki. Namun, rezeki tersbut bukan jatuh dari langit atau serta merta menumpuk di pangkuan kita. Razeki harus dicari dengan bekerja keras, bersabar, dan tawakkal. Jadi, bukan hanya menunggu, etrus-menerus berdoa tanpa ikhtiar nyata.

Jadi, secara tidak langsung, peribahasa ini menggambarkan sikap seorang pemals. Hidupnya hanya menunggu uluran tangan orang lain. Memang, sesekali orang akan membantu, tetapi tidaklah mungkin tersebut manglir dari hari ke hari. Rezeki dan keberuntungan hanya diberikan Allah kepada umat-Nya yang sadar dan mau bertanggung jawab terhadap kehidupan, bukan kepada mereka yang mengingkari kehadiran dan kuasa-Nya.