Google

Thursday, May 28, 2015

Oleh Entunge Luput Sunduke

Selamat datang di sudihardi.com...!!!



Oleh Entunge Luput Sunduke
Artinya, oleh entunge (mendapat perhitngan), luput sunduke (salah menyematkannya). Terjemahan bebasnya, sudah benar perhitungannya, tetapi salah menyematkannya. Gambaran dari orang yang benar, tetapi setelah dikerjakan, sehingga hasilnya meleset.

Peribahasa ini mengingatkan tentang beribu-ribu kesalahan yang mungkin diperbuat manusia, mulai dari yang kecil (tidak tampak) hingga yang sebesar gajah. Buktinya, banyak hal sudah diperhitungkan dengan cermat dan masak-masak, namun begitu dilaksanakan ternyata meleset. Mengapa demikian ?  Tidak lain karena apa yang disebut teori dan praktik merupakan dua wacana yang berbeda. Atau, dengan kata lain, sebaik apa pun teori, hasilnya sangat tergantung pada bagaimana penerapan atau implementasinya.

Contoh ektremnya mengenai kehidupan rumah tangga. Sejak menikah, semua pasangan suami-istri sealu berusaha agar hidupnya rukun, damai, dan sejahtera sampai tua. Tidak satu pun mempunyai cita-cita perkawinannya gagal di tengah jalan. Namun, apa yang terjadi ?   Banyak suami-istri akhirnya bercerai dan menempuh jalan sendiri-sendiri. Artinya, mereka gagal menerapkan strategi hidup kebersamaan yang baik dan benar. Dengan kata lain, benar teorinya, tetapi salah menerapkannya.