Google

Monday, May 4, 2015

Sluman Slumun Slamet adalah salah satu nasehat dalam mengatasi permasalahan hidup


Selamat datang kembali di sudihardi.com
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi arti dari peribahasa jawa"Sluman Slumun Slamet"


Artinya, sluman-slumun (keluar-masuk),slamet (selamat). Terjemahan bebasnya, diam-diam melakukan sesuatu dan selamat. Biasa diguakan untuk menggambarkan perbuatan orang yang melakukan usaha dengan diam-diam, membangun hubungan ke mana-mana sendirian, dan ternyata usahanya itu berhasil dengan sangat baik.


Umumnya, ungkapan ini untuk menggambarkan sekaligus memuji kemampuan seseorang. Tanpa banyak bicara, tanpa bantuan orang lain, dan berbekal kemampuan seadanya, dia melakukan hubungan kerja ke berbagai instansi atau lembaga dengan sukses. Padahal, semua orang tahu, dia hanya lulusan biasa. Bagaimana dia bisa memiliki kemampuan dan keterampilan membangun jaringan seluas itu, orang lain tidak ada yang tahu pasti.


Orang yang handal melakukan sluman slumun slamet patut dikaji pikiran, perasaan, maupun perilakunya. Sebab, di sana tersembunyi  banyak strategi hidup yang layak dipetik hikmahnya. Artinya, langkah sluman slumun slamet bukanlah sesuatu yang ngawur dan mengandalkan keberanian, kenekatan, atau kebetulan belaka. Di sini, ada banyak perhitungan rumit yang sukses diterapkan. Kadang seperti tidak masuk akal. Dan, manakala berhasil membedahnya, kita pun dapat melakukan usaha yang sama dengan sempurna dan berdayaguna bagi kehidupan kita kedepannya.