Google

Tuesday, May 5, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Sumur Lumaku Tinimba

Artinya, sumur (perigi), lumaku (berjalan), tinimba (ditimba atau diambil airnya). Terjemahan bebasnya, sumur berjalan supaya airnya ditimba oleh banyak orang. Ungkapan ini menggambarkan seseorang yang menawarkan kepandaiannya (kahliannya) agar dapat dimanfaatkan orang lain.

Beberapa kalangan menganggap sikap yang dikandung peribahasa ini tidak baik. Antara lain, karena orang tersebut dinilai kumalungkung atau arogan, lantaran memamerkan kepandaiannya kemana-mana agar diketahui dan dipuji orang. Namun, jika dicermati lebih mendalam, pada sisi lain, peribahasa ini juga dapat dinilai sebagai petunjuk atau strategi bagiwong cilik dengan mencari pangupajiwa (kehidupan) sehari-hari.


Contohnya dapat kita saksikan pada tukang sepatu keliling yang menggunakan sepeda menawarkan keahliannya. Juga nampak pada tukang pijat yang buta menyusuri jalan-jalan dengan tongkatnya. Artinya, baik-buruknya perilaku menawarkan keahlian yang dimiliki seseorang tergantung dari tujuannya. Kalau tujuannya buruk, perilaku tersebut juga akan jadi buruk. Namun, jika tujuannya baik, perbuatan itu tentu akan bermanfaat bagi banyak orang.