Google

Friday, May 1, 2015

Njajah Desa Milang Kori adalah satu peribahasa dalam mengatasi permasalahan hidup

Selamat datang di sudihardi.com...!!!
Kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai arti dari salah satu peribahasa Jawa "

Njajah Desa Milang Kori"




Artinya, njajah desa (menjelajahi desa), milang kori (menghitung pintu).  Terjemahan bebasnya, bepergian jauh menjelajahi desa, menhitung pintu.
Maknanya, melakukan perjalanan mencari pengalaman hidup ke berbagai wilayah untuk mengenal kehidupan di sana, serta memahami watak perilaku penduduknya.

Lelaku seperti digambarkan peribahasa ini adalah wujud dari usaha seseorang mencari pengalaman hidup. Betapa mahal pengalaman di masa lalu. Untuk mendapatkannya, orang perlu bersusah payah bepergian sambil melakukan tapa brata. Ada juga yang mengatakan sebagai tapa ngrame atau bertapa di tengah keramaian. Artinya, mencari pengalaman sekaligus meningkatkan kearifan pribadi. Sebab, bergaul dengan lebih banyak manusia akan menemukan berbagai masalah watak, dan perilaku yang berbeda-beda. Manakala terjadi masalah, penyelesaiannya pun harus menggunakan pedoman-pedoman yang berbeda pula.

Njajah desa milang kori adalah strategi mengolah batin dan kepribadian melalui kasunyatan duniawi yang terjadi di sekitar kita. Di jawa, mendalami teori saja dinilai belum cukup sebelum mampu menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan nyata tepat dan benar.