Google

Monday, June 1, 2015

NASIHAT HIDUP ORANG JAWA __ Tunggak Jarak Padha Mrajak, Tunggak Jati Padha Mati




Artinya, tuggak jarak padha mrajak (tonggak pohon jarak tumbuh tunasnya kembali), tunggak jati padha mati (tonggak pohon jati mati). Terjemahan bebasnya, tonggak jarak mudah tumbuh (bertunas) kembali, tonggak jati mudah mati. Gambaran dari situasi di mana keturunan orang kecil banyak yang jadi pembesar, semetara keturunan para pembesar banyak yang menjadi rakyat kecil.

Peribahasa ini mengingatkan bahwa hidup ini jarang yang linear ,pasti, dan meuaskan. Contohnya, anak pengusaha besar ternyata ada yang tidak mau jadi pengusaha dan memilih bekerja sebagai diplomat. Anak tukang kayu ada juga yang jadi jenderal. Kejadian seperti ini bukanlah aneh. Hanya saja, akan terasa aneh ketika banyak keturunan wong cilik jadi penguasa, sedangkan anak cucu penguasa ganti jadi wong cilik, pidak pedarakan, hidup sederhana di pedesaan.

Meskipun situasi ini sering dianggap sebagai wujud dari falsafah cakramanggilingan, tetapi jika dirunut dapat memberikan banyak pemahaman baru. Misalnya, setiap manusia membawa takdir dan nasibnya sendiri-sendiri. Anak wong cilik dapat menjadi pembesar jika memang mampu menjadikan dirinya besar, sedangkan anak pembesar akan tiada guna jika pribadinya hanya setara dengan lidi.