Google

Wednesday, September 2, 2015

Welas Temahan Lalis

Artinya,welas (belas kasihan), temahan lalis (berakibat membunuh / menyengsarakan).Ungkapan ini menggambarkan  tentang uluran tangan (pertolongan / bantuan) yang semula bermaksud baik, namun akhirnya justru berakibat fatal.Misalnya, karena saudara sendiri meskipun yang bersangkutan malas bekerja setiap kali uang pasti diberi.


Contoh lain yang sekarang banyak terjadi adalah kasus anak gelandangan.Memang tidak salah dan sangat manusiawi jika masyarakat pengguna jalan memberikan sedekah ala kadarnya untuk mereka.Akan tetapi, kalau dicermati, bukankah masyarakat sebenarnya juga sedang membuat mereka kerasan menjadi gelandangan ?   Coba kalau masyarakat tidak memberikan sedekah ?   Apakah anak-anak gelandangan akan marak seperti belakangan ini ?


Di sisi lain, peribahasa ini juga mengingatkan agar sebelum memberikan bantuan benar-benar diperhitungkan baik-buruk, manfaat, dan mudharatnya.Jangan sampai niat baik tersebut berakibat fatal bagi si penerima.Misalnya, orang yang bersangkutan akhirnya jadi maja.Benalu yang tidak bisa hidup tanpa menempel di pohon lain.