Wednesday, September 9, 2015

Yatna Yuwana, Lena Kena

Artinya,Yatna (waspada), yuwana (selamat), lena (lengah), kena (terkena).Terjemahannya adalah; orang berhati-hati dan waspada akan selamat, sedangkan siapa yang lengah akan mendapat celaka atau halangan.

Contohnya, penipuan melalui SMS yang memberitahukan pemilik HP mendapatkan hadiah sekian juta dari perusahaan jasa telekomunikasi yang digunakan olehnya.Untuk menerima hadiah uang tersebut, orang yang bersangkutan harus mengirimkan nomor rekening kepada si pengirim SMS tadi.

Namun, apa yang terjadi ? Informasi tadi hanyalah penipuan.Begitu nomor rekening diberikan, uang di dalam rekening bukannya bertambah, melainkan ludes akibat di bajak oleh komplotan penipu itu.Kisah seperti ini marak terjadi, dan beberapa kali memakan korban mereka yang kurang waspada dan tergiur oleh hadiah uang jutaan rupiah.Akan tetapi, bagi mereka yang awas dan waspada, meskipun bebrapa kali menerima telephon atau SMS serupa, tetap saja bergeming.Mereka mampu menalar dengan baik bahwa informasi tersebut tidak masuk akal.Hasilnya, uang utuh, tidak berkurang untuk para penipu.