Wednesday, October 21, 2015

Aja Njagakake Endhoge Blorok (mangatur ekonomi)


Arti dari aja njagakake (jangan mengharapkan), endhoge blorok (telur berwarna-warni).Peribahasa ini menyiratkan nasihat agar jangan suka berangan-angan atau mengharapkan sesuatu yang mustahil atau sulit terwujud, seperti halnya menunggu telur ayam yang berwarna-warni.Padahal, telur ayam selamanya berwarna putih atau coklat saja.


Di masa lalu, telur yang biasa dikonsumsi orang jawa hanya telur ayam, itik, dan entok.Telur ayam dan entok berwarna putih, sedangkan telur bebek berwarna biru muda kehijauan.Waktu itu, orang belum terbiasa makan telur puyuh.Karena itulah muncul peribahasa seperti ini.Menurut anggapan orang jawa, telur hanya memiliki satu warna.


Nasihat yang dikandung peribahasa tersebut, jangan suka mengengankan yang bukan-bukan (sulit tercapai).Suka mengharapkan sesuatu yang belum pasti terwujud (seneg njgakake) merupakan sesuatu yang tidak dibenarkan oleh orang jawa.Sebab, siap pun yang punya sifat seperti itu akan selalu menunggu-nunggu , bekerja tidak maksimal, semangat rendah, dan memandang remeh banyak hal.Coba bayangkan, bagaimana jika yang diharapkan tidak kesampaian ?  Apakah dirinya tidak akan menyesal berkepanjangan ?   Sudah rugi waktu, kehilangan kesempatan, dan sebagainya.