Friday, October 2, 2015

Berbudi Bawa Leksana



Artinya, berbudi (berwatak), bawa (ucapan / perkataan), leksana (laku atau laksana).Terjemahan bebasnya, berwatak konsekuen terhadap kata maupun tindakannya.Merupakan ungkapan yang menggambarkan kepribadian pemimpin yang baik di jawa.Pemimpin yang memiliki watak seperti itu akan sangat tegas, namun lentur dalam mengambil keputusan. Semua yang dikatakan atau dijanjikan akan ditepatinya.Tidak sedikit pun diubah, apalagi dikurangi.


Watak berbudi leksana merupakan salah satu watak terpuji di jawa. Apabila ada pemimpin berhasil mewujudkan sikap demikian, puas, dan bahagia. Sebab,  sang pemimpin dalam berbicara maupun berbuat senantiasa sejalan dengan keinginan rakyat.Semua diperhitungkan dengan cermat dan terbuka, sehingga orang dapat mengetahui bermacam duduk perkara yang melatarbelakangi kebijaksanaannya.

Sikap berbudi bawa leksana akan menghasilkan pemerintah yang bersih dan berwibawa karena seluruh peraturan dan kebijakan dilaksanakan oleh semua pihak. Dengan demikian, hubungan antara rakyat dan pemerintah akan berlangsung baik dan lancar, membuat bermacam permasalahan segera teratasi.