Google

Friday, October 16, 2015

Rumangsa Melu Handarbeni, Wajib Hangrungkebi, Mulat Sarira Hangrasa Wani


Selamat datang di sudihardi.com

Hasil gambar untuk Negara
Artinya, rumangsa melu handarbeni (merasa ikut memilki), Wajib hangrungkebi (wajib membela), mulat sarira hangrasa wani (melihat badan merasakan barani). Terjemahan bebasnya, merasa ikut memilki, wajib membela, berani melihat diri sendiri.

Peribahasa ini sering dimanfaatkan sebagai ajakan negara (pemerintah) kepada rakyatnya. Tujuannya, agar rakyat ikut terlibat aktif (berpartisipasi) dalam pembangunan negara dan bangsa. Caranya, dengan merasa ikut memilki, bukan malah membarkan atau tidak mau ikut campur tangan dalam pembangunan negara dan bangsa. Caranya, dengan merasa ikut campur tangan dalam kehidupan negara dan masyarakat.

Di samping itu, rakyat pun diharapkan ikut membela apabila terjadi gangguan dari mana pun datangnya.Selanjutnya, dalam membangun kesejahteraan negara dan bangsa, semua pihak harus bersedia melakukan introspeksi, berani mengakui kekurangan dan kelemahan diri sendiri, sehingga ditemukan cara memperbaikinya dengan tepat dan cepat.

Apabila partisipasi rakyat dan seluruh aparat negara telah dilandasi semangat sebagaimana isi peribahasa ini, besar kemungkinan pembangunan dan kesejahteraan yang diciptakan dapat segera terwujud.