Wednesday, November 4, 2015

Aja Ngothongake Gethong Kendhi

Artinya, aja (jangan), ngothongake (mengosongkan), genthong (tempayan), kendhi (kendi atau tempat air minum yang dibuat dari tanah).Terjemahannya, jangan suka mengosongkan tepayan (tempat beras) dan kendi (tempat air minum).

Peribahasa in mengajarkan kita bahwa di dalam mejalani kehidupan, orang harus berhati-hati. Terutama dalam mengatur kehidupan ekonominya, terlebih yang menyangkut keperluan sehari-hari, sperti makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dan lain-lain.Untuk menjaga kelangsungan hidup, peribahasa ini menekankan jangan suka membiarkan persediaan makan dan minum habis, ia harus segera mencari dan mendapatkannya, minimal untuk hari ini dan esok.Besok mencari lagi untuk hari-hari berikutnya.


Kebiasaan membiarkan habis sampai tak tersisa persediaan makan untuk satu keluarga dan baru setelah benar-benar habis mencari lagi, dianggap perilaku yang buruk.Kehidupan keluarga tidak boleh diperlakukan demikian.Sebab,orang tua memiliki tanggung jawab besar terhadap anak dan anggota keluarga lainnya.Membiarkan genthong kendhi kosong merupakan tanda rendahnya tanggung jawab yang dibebankan ke pundaknya.