Google

Wednesday, November 25, 2015

Gemi Nastiti Ngati-ati adalah salah satu nasehat untuk mengatur ekonomi


Selamat datang di sudihardi.com....!!!

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membagikan arti dari peribahasa jawa "Gemi Nastiti Ngati-ati"


Artinya, gemi (hemat), nastiti (teliti), ngati-ati (berhati-hati). Terjemahannya adalah hemat, teliti, dan berhati-hati. Sebuah nasihat yang sangat populer di daerah jawa.Bahkan, banyak kalangan menjadikan peribahasa ini sebagai hiasan dinding di rumah, warung, maupun tempat umum lainnya supaya dibaca orang.


Peribahasa ini menunjukkan betapa hidup itu harus dikelola dengan sebaik-baiknya.Gemi  berkaitan dengan upaya menghemat penghasilan guna mencegah terjadinya kesulitan karena kahabisan uang ongkos hidup.Nastiti atau teliti merupakan wujud dari kecermatan menangani segala hal dalam kehidupan, guna menghindari kesalahan sekecil apa pun.Sedangkan berhati-hati adalah manifestasi dari sikap waspaa, jangan sampai terperosok ke dalam berbagai permasalahan yang sulit diatasi.


Tiga aspek tersebut sebaiknya dilaksanakan dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan kebahagiaan, ketenteraman, dan kesejahteraan hidup.Prinsip gemi nastiti ngati-ati adalah mengeliminasi (menekan) kekeliruan, kesalahan, ataupun permasalahan sekecil mungkin.Sebab, menghindari kekeliruan sedari kecil  akan lebih mudah dibandingkan mengatasinya setelah menjadi  besar, hingga berubah menjadi malapetaka.