Google

Sunday, December 20, 2015

Aja Nggege Mangsa ((( perjuangan hidup ))




Artinya, janganmempercepat musim atau waktu. Makna yang sesungguhnya adalah jangan memaksakan diri dalam meperoleh hasil sebelum waktunya, karena apa yang didapat pasti tidak memuaskan. Misalnya, untuk mendapatkan mangga yang manis perlu menunggu lebih kurang satu tahun. Apabila memetiknya kurang dari satu tahun, pasti rasanya masih masam dan tidak enak dimakan.


Peribahasa ini berangkat dari kepercayaan, bahwa terwujudbya suatu peristiwa atau tercapainya cita-cita sangat dipengaruhi ridha Tuhan YME. Di mana terwuudnya keinginan tersebut sering dimaknai dan diungkapkan dalam perhitungan waktu, seperti wis titi wancine (sudah tiba saatnya). Contohnya, perkara kelahiran bayi. Seberapa pun besarnya keinginan orang tua untuk mendapatkan anak, mereka harus menunggu sampai sekitar sembilan bulan sepuluh hari.


Peribahasa ini juga menasihati supaya orang bersabar dan tidak tergesa-gesa mencapai cita-citanya. Jangan menuruti hawa nafsau belaka sebab segala macam keinginan manusia akan dikabulkan oleh Tuhan, asalkan memohon dengan sungguh-sungguh dan berusaha keras untuk mewujudkannya.