Google

Monday, December 7, 2015

Sapa Ubet Bakal Ngliwet (( mengatur perekonomian ))

Hasil gambar untuk masak dengan tungku




Artinya, sapa ubet (siapa cerdik), bakal ngliwet (bakal memasak nasi). Maksud peribahasa ini, siapa pandai mengolah (mengatur) kehidupan pasti dapat menanak nasi setiap hari. Secara tidak langsung, menanak nasi juga menjadi simbol dari sukses dalam kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, peribahasa ini juga mengandung makna dan pesan yang cukup luas. Artinya, yang dimaksud ubet, bukan hanya usaha yang dijalankan oleh wong cilik (mereka yang hidup pas-pasan), melainkan juga untuk kalangan yang labih `atas` lagi.

Misalnya, seorang pengusaha.Apabila dalam menjalankan perusahaannya tidak ubet atau asal-asalan, pasti lama-kelamaan perusahaanya akan bangkrut.Seorang karyawan yang gajinya pas-pasan untuk hidup sebulan, bagaimana jika ingin punya rumah sederhana ?   Caranya bermacam-macam, dan prinsipnya dia harus berani ubet. Mungkin dengan menyambi pekerjaan lain di luar jam kerja perusahaan supaya penghasilannya bertambah. Dapat pula dengan menabung, kemudian membeli rumah dengan cara kredit. Jadi, yang dimaksud ``ubet``  adalah berusaha dengan keras, positif, dengan maksud dan tujuan jelas. Meskipun telah ubet dan mendapat tambahan penghasilan, kalau pengeluarannya tidak terarah, jelas cita-citanya juga tidak akan terlaksana.