Wednesday, December 16, 2015

Utha-Uthu Golek Selaning Garu (( mengatur keuangan ))






Artinya, utha-uthu (kesana-kemari), golek selaning (mencari celah), garu (alat meratakan sawah setelah dibajak). Garu biasanya dibuat dari kayu sepanjang kira-kira 1 meter samapai 2 meter dengan gigi terbuat dari kayu juga. Gigi tersebut panjangnya kira-kira 20 cm, dan dipasang dengan jarak lebih kurang 20 cm. Terjemahan dari ungkapan ini adalah kesana-kemari mencari celah pekerjaan untuk menyambung hidup.


Mencari pekerjaan (seperti digambarkan oleh peribahasa ini) tidaklah semudah yang dibayangkan.Karena itu, mereka yang membutuhkan pekerjaan harus berani bersusah-susah mencari dan menemukannya. Ibaratnya, sampai menerobos celah gigi garu pun harus dilakukan. Mengingat betapa sulitnya mencari pekerjaan itu, setelah mendapatkannya, sebaiknya dijaga dengan sungguh-sungguh. Jangan dikotori, jangan dikhianati, atau merusaknya.


Bagi yang beruntung, mencari pekerjaan itu mudah. Namun, bagi kalangan pidak pedarakan, wong cilik ongkaangkik, pekerjaan tak ubahnya rezeki. Karena itulah, semangat untuk hidup. Memiliki pekerjaan sama halnya memiliki pegangan hidupsehari-hari. Dan, bagi masyarakat kecil sudaah dianggap berkah yang patut disyukuri.