Friday, January 8, 2016

Gremet-gremet Waton Slamet, ALon-alon Waton kelakon (( perjuangan hidup ))



Artinya,gremet-gremet waton slamet (marayap asal selamat), alon-alon waton kelakon (pelan-pelan aslkan kesampaian). Gara-gara peribahasa ini, muncul anggapan bahwa orang jawa itu sulit maju lantaran masih mengamalkan filosofi ini. Mngerjakan segala sesuatu senantiasa pelan, tidak pernah cepat, seakan pasrah pada keadaan dan tidak berusaha melawannya.


Pendapat seperti itu jelas keliru, sebab makna peribahasa ini adalah mengingatkan agar jangan terburu-buru dan berbuat ceroboh. Setiap tindakan yang kita lakukan harus diperhatikan dengan cermat. Karena itu, dalam bekerja sangat diperlukan kewaspadaan, bagaimana menyesuaikan diri, memperhatikan kanan-kiri, dan sebagainya. Apa gunanya cepat berhasil apabila proses yang dikerjakan justru mendatangkan malapetaka beraneka warna.


Manakla dikaji dengan cermat, peribahasa ini erat hubungannya dengan peribahasa lain. Yaitu  aja nggege mangsa, kebat kliwat, ngangsa marakake brahala, sabar subur, dan sebagainya. Artinya, cita-cita memang perlu dikejar. Tetapi, harus dengan sabar dan jangan berbuat ceroboh.