Saturday, January 23, 2016

Jer Basuki Mawa Beya adalah salah satu nasehat dalam perjuangan hidup


Selamat datang di sudihardi.com....!!!

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi mengenai arti dari salah satu peribahasa jawa "Jer Basuki Mawa Beya"


Artinya, jer (memang, seharusnya begitu), basuki (selamat atau sejahtera), mawa (memerlukan atau menggunakan), beya (biaya atau pengorbanan). Terjemahan bebasnya, untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan (keselamatan, kebahagiaan, kesuksesan hidup) senantiasa memerlukan biaya (ongkos) maupun pengorbanan secukupnya. Biaya di sini juga dapat diartikan sebagai pengorbanan atau kerja keras.


Peribahasa ini mengandung nasihat yang prinsipnya memperingatkan bahwa tak mungkin orang meraih kesuksesan dengan mudah. Yang penting, jangan melakukan meanipulasi untuk membenarkan perbuatan salah demi mewujudkan cita-citanya. Contohnya, lantaran ingin cepat kaya kemudian memberanikan diri belajar korupsi, menyuap kemana-mana untuk melicinkan usaha yang ditempuh.


Dengan demikian yang dimaksud pengorbanan di sini adalah pengorbanan yang baik, dan halal.Terutama karena yang disebut basuki atau keselamatan dan kesejahteraan hidup adalah kebaikan bagi yang bersangkutan. Maka, apabila ongkos kesejahteraan tersebut  berasal dari kejahatan atau dosa, tentulah hasilnya akan dilumuri kejahatan dan dosa pula, situasi seperti itu seharusnya dihindari.