Wednesday, January 27, 2016

Kalah Cacak Menang Cacak (( PERJUANGAN HIDUP ))



Artinya, kalah cacak (kalah dicoba), menang cacak (menang dicoba).Ungkapan sikap orang jawa ketika bertekad mencoba suatu pekerjaan yang belum pernah dilaksanakan.Umumnya dialami oleh mereka yang kepepet.Kebetulan  mencari pekerjaan, ada tawaran meskipun pekerjaan tersebut masih asing bagi dirinya. Maka, apabila hasilnya nanti bagaimana, dia tidak dapat menjelaskan sama sekali.


Kalau diperhatikan, peribahasa ini apabila diamalkan  dapat memliki kakuatan semacam mantra. Mereka yang sebelumnya masih was-was, kurang yakin, akan memperoleh kemantapan hati setelah mengucap, kalah cacak menang cacak . Biasanya, hasil kerjanya pun lumayan, tidak memalukan, dan setara dengan kemampuannya yang terbilang masih pemula.


Mengapa hal itu dapat terjadi ?    Antara lain karena munculnya kemantapan batin seseorang dapat menjelma kekuatan yang luar biasa.Terlebih jika kemampuan di dalam melakukan segala sesuatu tersebut bukan lagi sekadar untuk menang atau kalah, tatpi untuk membuktikan kamampuan yang dimiliki. Ungkapan ini pada kenyataannya digunakan untuk memompa semangat individu dalam mempertahankan harga dirinya.