Saturday, January 2, 2016

Perjuangan hidup (( Cekelen Iwake Aja Buthek Banyune ))

Hasil gambar untuk siskamling




Artinya, cekelen iwake (tangkap ikannya), aja buthek banyne (jangan membuat keruh airnya). Maksudnya, yang diiginkan bisa didapat, tetapi tidak sampai membuat  kekacauan atau kerusakan di sana sini yang tidak diperlukan.


Sering dianjurkan kepada siapa saja yang sedang berusaha membongkar dan menyelesaikan suatu permasalahan (kasus).Contohnya, sederhana; di sebuah desa merebak pencurian.Namun, sampai sekian lama, pencurinya belum katahuan dan belum berhasil ditangkap, meskipun belakangan siskamling ditingkatkan.


Akibat kegelisahan warga makin memuncak, muncul gagasan untuk mengawasi mereka-mereka yang dicurigai.Seperti orang-orang yang tidak punya pekerjaan tetap, warga pendatang, anak-anak kost,  dan lain-lain. Lagi-lagi, hasilnya nihil. Bayangan siapa pencurinya belum diperoleh, akan tetapi muncul rasa tidak senang dan protes dari warga yang merasa dicurigai.


Cra seperti ini jelas bertentangan dengan nasihat yang terkandung dalam peribahasa tersebut.Seharusnya, orang kampung berusaha menangkap ikannya, bukan malah memperkeruh airnya atau lingkungan mereka berada. Sebab, belum tentu pencurinya warga kampung setempat. Siapa tahu kampung lain, atau justru orang dari jauh yang mengenal dan hafal sekali suasana di desa tersebut.