Wednesday, February 3, 2016

Kudhi Pcul Singa Landhepa (( perjuangan hidup ))




Artinya, kudhi (sejenis sabit yang bagian tengahnya menyerupai kapak), pacul (cangkul), singa landhepa (mana yang paling tajam).Peribahasa ini merupakan gambaran dalam sebuah peperangan atau perkelahian di mana kedua belah pihak sama-sama cedik dan sakti.Mereka yang beruntunglah yang akan menang.


Peribahasa ini menunjukkan bahwa orang jawa sangat percaya terhadap keberuntungan, nasib, garis hidup, dan segala sesuatu dalam kehidupan yang di luar kemampuan nalar manusia itu sendiri.Meskipun makna yang digambarkan adalah keberuntungan yang akan mengalahkan seseorang dalam pertempuran (konflik), namun di balik itu semua juga mangisyaratkan nasihat yang lain. Yaitu, meskipun  masing-masing sama mempunyai ketjaman prima dan sebanding, sebaiknya jangan mudah terjerumus ke dalam pertempuran yang sungguh-sungguh.


Mengapa demikian ?   Tidak lain karena setiap pertempuran pasti akan membawaa korban (kerusakan).Sekecil apa pun yang menang juga akan mengalami kesakitan, apalagi yang kalah. Sesakti apa pun sebaiknya jangan sombong dan mudah menantang berkelahi, karena dirinya dapat juga terkalahkan apabila lawannya lebih beruntung.