Google

Saturday, February 27, 2016

Sapa Tekun Golek Teken, Bakal Tekan (( perjuangan hidup ))







Artinya, siapa tekun mencari tongkat, maka akan sampai.Di sini yang dimaksud teken memiliki makna bermacam-macam.Kenyataannya, apa yang disebut teken adalah tongkat yang digunakan sebagai alat bantu orang tua atau orang cacat untuk berjalan.Jadi, makna  teken dalam peribahasa ini utamanya adalah alat bantu atau pertolongan.
Hasil gambar untuk orang jawa sabar

Pada hakikatnya, orang jawa menyadari keterbatasan manusia.Banyak hal tidak dapat dilakukan sendiri dan harus mendapatkan pertolongan orang lain. Contohnya, menggali sumur. Tidak semua orang mampu dan mau menggali sumur, meskipun dirinya setiap hari membutuhkan air.Maka, untuk membuat sumur, dia harus minta bantuan penggali sumur yang telah ahli.Meskipun di kampungnya tidak ada, karena sangat memerlukan, dia akan mencarinya ke daerah lain, walaupun tarifnya cukup tinggi.

Teken dalambentuknya yang lain dapat juga berarti ilmu pengetahuan ketika yang bersangkutan ingin pandai.Dapat pula kitab suci agama, jika dia ingin meperdalam keimanan dan ketakwaan sesuai ajaran agama tersebut.Dengan memilikiteken,meskipun pelan dan terlatih, dia akan mampu terus berjalan muju cita-cita yang didambakan.