Sunday, February 21, 2016

Sareh Pikoleh (( perjuangan hidup ))





Artinya, sareh (sabar), pikoleh (memperoleh). Terjemahannya adalah orang yang sabar dalam berbuat (bertindak) akan memperoleh apa yang diharapkan.

Dalam peribahasa ini, lagi-lagi menunjukkan betapa orang jawa sangat memuliakan kesabaran dalam segala hal.Artinya, baik ketika berhubungan dengan orang lain maupun dalam mewujudkan cita-cita dalam hidupnya.



Hasil gambar untuk orang jawa sabar
Contohnya, seorang calon karyawan yang sedang menjalani tes wawancara oleh direktur perusahaan.Apabila di dalam menjawab pertanyaan terburu-buru, asal-asalan, serampangan, ceroboh, pasti nilainya jelek dan tidak mungkin diterima.Berbeda jika dalam menjawab tampak mantap, penuh pertimbangan, tutur katanya jelas, runtut, dan alasannya masuk akal, tentu akan lebih diperhatikan oleh direktur perusahaan itu.


Di sini,sareh dapat dijadikan tanda kedewasaan pribadi seseorang.Di samping juga menunjukkan sifat dan perilaku  yang bersangkutan.Orang yang mempunyai sifat berangasan tidak mungkin bicara runtut, jelas, dan masuk akal.Maka, dianjurkan supaya kita memiliki sifat sabar.Dengan kesabaran tersebut, akan memudahkan berhubungan dengan orang lain, sehingga memudahkan pula tercapainya  keinginan kita.