Google

Saturday, February 27, 2016

Wani Nggetih Bakal Merkulih (( perjuangan hidup ))





Artinya, berani berdarah-darah akan memproleh.Di sini, yang dimaksud nggetih atau sampai berdarah-darah adalah bekerja atau bertindak habis-habisan, bukan setengah-setengah.

Hasil gambar untuk berdarah
Contohnya, seorang petugas pemasaran yang gajinya ditentukan oleh persentase hasil produk yang dapat dijual.Ibaratnya, mati  dan hidupnya berada di tangan sendiri.Dia tidak boleh malu-malu ketika menawarkan produknya.Tidak boleh membatasi jam kerjanya seperti karyawan kantor, masuk jam delapan pulang jam tiga sore. Kalau perlu, malam pun berani keluar demi mencari pembeli.

Contoh lain, misalnya petani bawang merah.Jika tanamannya sudah tumbuh subur dan menjelang umbinya membesar dan malam turun hujan, pagi-pagi sekali  harus segera ke sawah.Secepatnya dia harus menyemprot tanaman bawang merahnya dengan air bersih untuk menghilangkan bercak  tanah yang menempel pada daun akibat percikan hujan.Jika tidaak dibersihkan, maka akan menimbulkan flek pada daun, sehingga daun rusak dan layu.

Bekerja habis-habisan dapat dijadikan tanda sejauh mana etos profesionalisme seseorang dalam menjalani pekerjaannya.Semua kerja keras pasti akan memberikan hasil positif, apa pun bentuknya.