Google

Tuesday, March 22, 2016

Angon Ulat Ngumbar Tangan (( sikap & perbuatan tidak baik ))





Artinya, angon ulat (menggembala roman muka), ngumbar tangan (mengumbar tangan). Terjemahan babasnya, mengawasi roman muka orang lain untuk mencari kesempatan atau kelengahan, sehingga dapat mengambil sesuatu dengan leluasa.


Hasil gambar untuk niat burukPeribahasa ini sering ditujukan kepada orang yang mempunyai niat buruk untuk mencuri, mencopet, dan sebagainya.Oleh karena itu, siap pun harus waspada jika melihat tanda-tanda seperti itu.Artinya, belum tentu orang yang bermuka manis dan bertutur kata indah, perbuatannya juga akan seindah penampilan luarnya.Dapat saja muka manis itu hanya sebagai kedok untuk menyembunyikan maksud dan tujuan yang sebenarnya.


Waalaupun demikian, orang jangan mudah mencurigai siapa pun yang bersikap manis kepada kita.Karena, belum tentu sikap tersebut hanya pura-pura.Apabila terlanjur mencurigai dan melakukan tindakan pengamanan yang terburu-buru, hasilnya tentu akan meleset dari dugaan.Cara terbaik untuk mengatasi kemungkinan buruk ketika berhadapan dengan orang yang dicurigai punya maksud tidak baik adalah memperkecil peluang terjadinya perbuatan yang tidak diinginkan itu.