Google

Thursday, April 21, 2016

Jago Kate Wanine Cedhak Omahe Dhewe (( sikap dan perilaku tidak terpuji ))


Artinya, jago kate (ayam kate jantan), wanine (beraninya), cedhak omahe dhewe (dekat rumahnya sendiri). Terjemahan bebasnya, ayam kate jantan tidak berani berkeliaran jauh, beraninya hanya di dekat rumahnya saja. Mengapa demikian ?   Tentu saja karena ayam kate itu berukuran kecil, sehingga lebih aman mencari makan di dekat rumahnya. Kalau ada marabahaya, ia dapat dengan cepat bersembunyi.

Peribahasa ini merupakan sindiran bagi laki-laki penakut, tetapi suka sesumbar kepada orang lain (musuhnya). Orang seperti ini dianggap bermulut besar, licik, penakut. Akibatnya, banyak orang yang tidak senang, dan sering mencari kesempatan untuk mempermalukannya. Karena itulah, sebaiknya sifat seperti ini dihindari. Jangan sampai menyombongkan kekuatan atau hal-hal yang bukan berasal dari diri sendiri.

Soalnya, sekali waktu, apa yang diandalkan sebagai perisai atau payung pelindung tersebut mungkin saja tidak berfungsi lagi. Nah, apa jadinya kalau sudah terlanjur menantang, etapi tidak ada yang bersedia menolongnya ?  Ibarat seekor ayam kate jantan yang berani berkeliaran sampai ke pinggir hutan. Begitu ketemu anjing atau hewan liar lainnya, secepat apa pu berlari pasti tertangkap dan hidupnya akan berakhir sia-sia saja.