Saturday, April 23, 2016

Kaduk Wani Kurang Deduga (( sikap dan perbuatan tidak terpuji ))




Artinya, kaduk wani (terlampau berani), kurang deduga (kurang perhitungan). Ini merupakan perlambang dari orang yang terlampau percaya diri, nekat memenuhi suara hatinya tanpa perhitunganmatang. Keberaniannya tinggi, tetapi pikiran dan perasaannya jarang digunakan. Dengan kata lain, terlampaunekat, namun tidak dilandasi pertimbangan yang masak.


Contohnya, pembalap mobil. Lantaran biasa membalap di arena dan sering menang, ketika naik mobil di tengah kota, disalip oleh mobil lain langsung panas. Orang yang menyalip pun dikejarnya. Tidak tahunya, si pembalap adalah pembalap jalanan yang lebih  lincah dari orang ini.Tiba-tiba dia tidak sengaja  akan menambrakkan diri dengan becak dan berusaha untuk menghindarinya tapi tidak jadi menabrak becak malahan menabrak pohon dan akhirnya mobilnya hancur dan  si pembalap terluka cukup parah.


Sifat seperti ini sebaiknya dihindari, karena mengandalkan keberanian saja belum memadai untuk mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi. Memang, sekali-kali mungkin saja berhasil. Akan tetapi, sekali waktu pasti akan gagal, seperti kata pepatah  sepandai-pandai tupai melompat, sekali waktu akan jatuh juga.