Google

Thursday, April 28, 2016

Menthung Koja Kena Sembagine





Artinya, methung (memukul dengan tongkat), koja (pedagang asal india), kena sembagine (terkena kain citanya). Terjemahan bebasnya, memukul pedagang india hanya akan terkena kain citanya. Gambaran orang yang merasa bisa menipu orang lain, padahal dirinya sendiri sesungguhnya yang tertipu.

Contohnya, pada suatu hari, seorang costumer service baru di sebuah toko kosmetik kedatangan pembeli yang rewwelnya bukan main. Yang dicari kosmetik yang bagus, tetapi harganya murah. Berbagai merk dicoba, tetapi tidak ada yang cocok. Padahal toko hampir tutup, dan si costumer service akan segera pulang.


Jengkel dengan perilaku seperti ini, ia menyodorkan kosmetik murahan kepada si pembeli. Anehnya, justru kosmetik itu yang dipilih, dan lagsung dibayar sesuai harga yang disampaikan. Selesai transaksi, si costumer service senyum-senyum kecil karena merasa dapat menipu pembeli yang menjengkelkan itu. Harga yang disampaikan tadi berlipat kali lipat lebih tinggi daripada harga yang sebenarnya. Tahu-tahu, keesokan harinya, ia dipanggil manajernya dan langsung dipecat. Ternyata, pembeli yang menjengkelkan itu diperintahkan oleh perusahaan untuk menguji kinerjanya dilapangan.