Friday, April 29, 2016

Nrenggiling Api Mati





Artinya, nrenggiling (seperti trenggiling atau manis javanica), api mati (pura-pura mati). Trenggiling adalah hewan bersisik kuat dan kira-kira sebesar musang. Moncong dan ekornya agak panjang. Hewan ini tidak bergigi dan makanan utamanya adalah semut. Apabila datang bahaya, ia langsung menggulung, meyembunyikan kepalanya ke dalam gulungan badan sambil mengeluarkan bau busuk. Untuk menjauhi bahaya, ia biasanya akan menggelindingkan gulungan badannya.

Peribahasa ini menggambarkan orang yang berpura-pura tidak mendengarkan (memperhatikan) pembicaraan di sekitarnya, padahalsesungguhnya memperhatikan dengan saksama. Perbuatan ini umumnya mempunyai latar belakang bermacam-macam. Mungkin, ia tidak ingin terlibat pembicaraan tadi. Dapat juga karena ia sibuk dengan pekerjaan sendiri. Atau, memang sengaja menyembunyikan maksud tertentu, sehingga tidak ingin perhatiannya diketahui orang lain.

Kecuali yang bersangkutan sedang melakukan tugas khusus, misalnya polisi yang tengah mengadakan penyelidikan, sikap ini terhitung tidak disukai oleh orang jawa.Maka, apbila siapa pun ketahuan bersikap nrenggiling api mati ,tentu akan dijauhi karena dianggap tidak terbuka terhadap orang lain., sementara orang lain bersikap terbuka terhadap orang yang bersangkutan.