Google

Saturday, April 30, 2016

Nunggak Kalingan Rone





Artinya, nunggak (menunggak pembayaran atau utang), kalingan (tertutup), rone (dedaunan). Terjemahan bebasnya, membalas seseorang dengan sembunyi-sembunyi (tidak terang-terangan). Meskipun perbuatan ini banyak dilakukan, baik di jawa maupun di tempat lain, namun dalam adat budaya jawa sesungguhnya dilarang. Mengapa demikian?   Sebab, perbuatan tersebut dilakukan secara tidak kesatria, atau boleh dikatakan tindakan yang pengecut. Dalam peribahasa nasional sama dengan lempar batu sembunyi tangan.

Walaupun demikian, perbuatan seperti ini tidak sepenuhnya dapat disalahkan. Terutama jika kasusnya menyangkut wong cilik ,atau kalangan pidak pedarakan yang posisinya lemah. Contohnya, seorang pembantu rumah tangga diberhentikan oleh majikannya karena dianggap bersalah. Ketika meyalakan kompor membuat kompor itu meledak. Untunglah tidak sampai membakar benda-benda dan peralatan di dalam rumah majikannya.

Padahal si pembantu sudah berkali-keli melapor bahwa kompor gas yang biasa dipakai ada yang tidak beres dan perlu direpasi atau diganti. Namun, sang majikan tidak menggubris sama sekali. Merasa diperlakukan tidak adil, sambil pergi diam-diam dia mencabut kunci dapur dan membuangnya ke selokan.